Jumat, 30 September 2016

EVOLUTIONARY SOFTWARE PROCESS MODELS



EVOLUTIONARY SOFTWARE PROCESS MODELS


            Ada pengakuan yang berkembang bahwa perangkat lunak akan terus berkembang. Insinyur software membutuhkan model proses yang telah secara eksplisit dirancang untuk mengakomodasi produk yang berkembang dari waktu ke waktu.

Model sekuensial linier. Pada dasarnya, pendekatan air terjun ini mengasumsikan bahwa sistem yang lengkap akan
disampaikan setelah urutan linear selesai. Prototipe Model dirancang untuk membantu pelanggan (pengembang) dalam persyaratan pemahaman.
 
2.7.1 Incremental Model

Model inkremental menggabungkan elemen dari model sekuensial linier (diterapkan
berulang-ulang) dengan filosofi iteratif prototyping. Model Incremental menerapkan rekayasa perangkat lunak perbagian, hingga menghasilkan perangkat lunak yang lengkap.  Proses membangun berhenti jika produk telah mencapai seluruh fungsi yang diharapkan.

Pada awal tahapan dilakukan dengan menentukan kebutuhan dan spesifikasi. Kemudian dilakukan perancangan arsitektur software yang terbuka, agar dapat diterapkan pembangunan per-bagian pada tahapan selanjutnya. Tahap itu harus dilaksanakan secara urut.  Setelah setiap bagian selesai harus dilakukan percobaan. Tahap-tahap tadi harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum tahap pembangunan.

2.7.2 Model Spiral
 
           Model spiral menurut Boehm merupakan software evolusi pasangan bersifat perulangan yang akan melakukan proses perulangan dan akan berhenti jika batasan syarat sudah tidak terpenuhi dengan dikendalikan pada aspek sistematis dari model air terjun yang akan berakibat memberikan potensi yang cepat pada pengembangan dari perangkat lunak.

     Menggunakan model spiral selama iterasi awal rilis inkremental mungkin menjadi model kertas atau prototipe. Sebuah model spiral dibagi menjadi sejumlah kegiatan kerangka yang biasanya model spiral yang berisi enam wilayah memiliki tugas:

  • ·Pelanggan komunikasi -  tugas yang dibutuhkan untuk membangun komunikasi yang efektif antara pengembang dan pelanggan.

  • Perencanaan - tugas yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sumber daya, jadwal, dan biaya proyek informasi.
  • Resiko analisis - tugas yang dibutuhkan untuk menilai baik teknis dan manajemen resiko
  • Teknik - tugas yang dibutuhkan untuk membangun satu atau perwakilan dari aplikasi
  • Pembangunan dan melepaskan - tugas yang dibutuhkan untuk membangun, menguji, menginstal, dan memberikan dukungan pengguna misalnya, dokumentasi dan pelatihan.
     Model spiral yang bagian ini merupakan evaluasi-tugas yang dibutuhkan untuk memperoleh umpan balik pelanggan berdasarkan evaluasi perwakilan perangkat lunak yang dibuat selama tahap rekayasa dan dilaksanakan selama tahap instalasi. Masing - masing daerah yang dihuni oleh satu set tugas pekerjaan yang sudah disesuaikan dengan karakteristik proyek yang akan dilakukan.

Sebagai awal proses evolusi perangkat lunak tim teknik bergerak di sekitar spiral searah jarum jam dimulai dr pusat. Rangkaian pertama sekitar spiral akan berakibat pengembangan spesifikasi produk dan selanjutnya melewati spiral lanjutnya yang digunakan untuk mengembangkan prototipe yang setiap melewati wilayah perencanaan dasil dapat sesuai dengan rencana proyek,untuk biaya dan jadwal dapat disesuaikan berdasarkan umpan balik yang berasal dari evaluasi pelanggan.

Model spiral dapat dianggap dengan memeriksa titik masuk yang masing - masing kubus yang ditempatkan di sepanjang sumbu yang digunakan untuk mewakili titik awal proyek. Jika konsep ini untuk dikembangkan menjadi produk yang sebenarnya, proses hasil melalui kubus berikutnya merupakan pembangunan baru akan dimulai.


2.7.3 Winwin Spiral

        Winwin Spiral merukan satu pengembangan dari spiral Model yang mengutamakan kesepakatan bersama dengan pelanggan. Kesepakatan terbaiklah yang harus dilakukan/dibuat. Pelanggan menang dengan mendapatkan sistem yang diinginkan:



  1. Identifikasi sistem atau kunci subsistem ini "stakeholder." 
  2. Penentuan stakeholder ' " kondisi menang." 
  3. Negosiasi kondisi menang dalam satu set kondisi win-win/saling bersepakat untuk semua pihak (termasuk tim proyek software).
  4. Evaluasi proses dan produk alternatif dan mengurangi masalah
  5. Mengutarakan level selanjutnya dari produk dan proses termasuk bagiannya
  6. Menyamakan produk dan proses penjelasan
  7. Meninjau ulang dan komentar
 
         Menjalankan langkah-langkah awal untuk mencapai hasil winwin/kesepakatan, yang menjadi kriteria utama untuk melanjutkan ke perangkat lunak dan definisi sistem. Selain penekanan pada negosiasi awal, model spiral WinWin memperkenalkan tiga tonggak proses, yang biasa disebut jangkar poin, yang membantu menyelesaikan satu siklus model spiral dan memberikan tonggak keputusan sebelum hasil proyek software.

   Pada dasarnya, jangkar poin mewakili tiga pandangan yang berbeda dari kemajuan sebagai Proyek model spiral. Pertama tujuan siklus hidup (LCO), mendefinisikan satu set tujuan untuk setiap kegiatan rekayasa perangkat lunak utama. Kedua siklus hidup arsitektur (LCA), menetapkan tujuan yang harus dipenuhi sebagai sistem dan perangkat lunak arsitektur. Dan yang ketiga adalah kemampuan operasional awal (IOC).

2.7.4 The Concurrent Development Model
 
     The Concurrent Development Model bisa di sebut  Concurrent Engineering adalah model yang dapat direpresentasikan dengan skema sebagai series dari kerangka aktifitas, aksi software engineering dan juga tugas dari jadwal.

Model proses konkuren mendefinisikan serangkaian acara yang akan memicu transisi dari negara ke negara untuk setiap kegiatan rekayasa perangkat lunak. Sebagai contoh, Perlu dicatat bahwa analisis dan desain adalah tugas kompleks yang membutuhkan diskusi substansial.

Model proses konkuren sering digunakan sebagai paradigma untuk pengembangan
klien / server aplikasi. Sebuah sistem client / server terdiri dari satu set komponen fungsional. Bila diterapkan client / server model proses konkuren mendefinisikan kegiatan dalam dua dimensi sistem dan dimensi komponen.

Masalah tingkat sistem ditangani menggunakan tiga kegiatan yaitu:

  • ·         Desain
  • ·         Perakitan
  • ·         dan Penggunaan.

Model concurrency dicapai dalam dua cara yaitu:

  1. Sistem dan komponen kegiatan terjadi secara bersamaan dan dapat dimodelkan
    menggunakan pendekatan negara-berorientasi dijelaskan sebelumnya 
  2. khas client / server aplikasi diimplementasikan dengan banyak komponen, yang masing-masing dapat dirancang dan menyadari secara bersamaan.

               Pada kenyataannya, model proses konkuren ini berlaku untuk semua jenis pengembangan perangkat lunak dan memberikan gambaran yang akurat tentang keadaan saat ini proyek. Fungsi perangkat lunak dibagi antara klien dan server komputer yang lebih kuat yang biasanya memelihara database terpusat dan membatasi kegiatan rekayasa perangkat lunak untuk urutan peristiwa. Peristiwa yang dihasilkan dalam kegiatan tertentu atau di beberapa tempat lain dalam kegiatan memicu jaringan transisi antara negara-negara dari suatu kegiatan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar